Jumat, April 24, 2015

Independance Goes to BSO


A
da yang tahu apa itu Independance? Kalau kalian anak Psikologi UNDIP pasti sudah kenal dengan Independance. Awal terbentuknya Independance yaitu suatu kumpulan mahasiswi Psikologi Undip yang menyukai seni tari. Kemudian dibentuk suatu wadah  bagi mereka yang memiliki bakat, minat dan potensi dibidang kesenian tari daerah, khususnya Tari Traditional Jawa dan Tari Saman Aceh.
Rata-rata mahasiswi yang mengikuti Independance sudah berpengalaman mengikuti Tari Saman dan Jawa. Menurut Lulu (2013), salah satu anggota dari Independance, mengatakan awalnya diajak oleh kakak senior 2012 dan diberitahukan kalau ada kumpulan tari di Psikologi, sebelumnya Indepandance belum menjadi UPK (Unit Pelaksana Kegiatan) ataupun BSO (Badan Semi Otonom).
“Di Independance sendiri ada 50 anggota sampai saat ini, dan  di dalam perkumpulan kita saling berbagi info mengenai gerakan tari saman dan bertukar ilmu gerakan-gerakan tari yang kita tahu, jadi hanya sekedar kumpul-kumpul tari dan kalau ada acara atau lomba kita semua ikut berpartisipasi” terang Lulu. Dengan semakin banyak anggota Independance, maka perkumpulan ini akhirnya memutuskan untuk menjadikan Independance sebagai Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) di Psikologi Undip. Namun, Untuk menjadi sebuah UPK, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.
Lulu mengatakan pada awal tahun 2013, Independance mengajukan diri untuk menjadi sebuah UPK pada masa pengurusan Senat  saat itu. Tetapi waktu itu ada penolakan, dikarenakan ada beberapa hal yang menyebabkan Independance belum bisa menjadi UPK. Lalu, Independance berpikiran untuk jalan sendiri dan mempersiapkan diri  menjadi BSO setahun kemudian.
 Hasna (2013), anggota Independance, bercerita mengenai Independance yang ingin menjadi BSO.  Pada saat sidang umum (24/1) dengan ijin dan persetujuan dari BEM, akhirnya Independance disahkan menjadi BSO. Karena BSO itu dibawah naungan BEM pada Departemen Mikat yaitu badan yang mewadahi minat dan bakat, maka harus melalui beberapa tahapan dengan menjadi BSO terlebih dahulu sebelum menjadi UPK. Salah satunya dengan mempunyai struktur organisasi, visi dan misi dari Indepandance. Selamat untuk Indepandance! (Selvani & Rayi /Psikojurnalistik)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar