Tentang Psikologijurnalistik


PSIKOLOGI JURNALISTIK

Psikojurnalistik adalah suatu wadah penyaluran minat reportase, pembuatan disain grafis, marketing di Psikologi. Dalam Unit Pelaksana Kegiatan Psikojurnalistik ini, mahasiswa bersama-sama belajar, mengembangkan diri, dan mengasah kemampuan dalam bidang jurnalistik. Hal ini penting untuk mengasah kepekaan dan sikap profesional mahasiswa dalam  berorganisasi, yang akan berguna dalam dunia kerja kelak. 

Selain itu, Psikojurnalistik juga menjadi wadah menyuarakan suatu kebenaran dari peristiwa yang terjadi. Berusaha bersikap objektif, kritis, namun tetap santun adalah cara Psikojurnalistik bekerja 
 
Kami memang tidak bisa menjadi sempurna secara instan karena semuanya harus melalui tahapan – tahapan tertentu. Setelah melalui tahapan-tahapan itu, sukses yang diperoleh akan terasa lebih manis. Oleh karena itu, dalam Psikojurnalistik ini kami mengajak rekan-rekan yang kebetulan berminat dalam jurnalistik untuk bersama-sama menempuh tahapan tersebut dan merasakan manisnya keberhasilan yang kita raih bersama. Mari kita bersama mencoba dan belajar menjadi seorang yang meniti tangga dari yang terbawah untuk mencapai puncak dan mencicipi nikmatnya keberhasilan.

“ Keberhasilan sesungguhnya adalah akibat belaka seperti halnya kegagalan, karenanya usaha untuk menemukan sebab justru lebih penting.


Psikologijurnalistik lahir tanggal 12 Oktober 2004 di Semarang. Psikologijurnalistik sebagai salah satu UPK Fakultas Psikologi Undip dikenal dengan logo berupa gambar buku yang terbuka berwarna hitam, dengan lambang pena trisula bersayap dengan tulisan Psikojurnalistik berwarna merah di dalamnya.

Tujuan dibentuknya Psikologijurnalistik adalah:
1.            Mengembangkan wacana keilmuan dan kreativitas mahasiswa Psikologi
2.            Menampung minat dan bakat civitas akademika fakultas Psikologi dalam bidang Jurnalistik
3.            Penyalur informasi
4.            Lembaga Pers terdepan dan terpercaya dalam menampung dan menyampaikan aspirasi mahasiswa pada khususnya serta masyarakat pada umumnya

Ruang lingkup kegiatan Psikologijurnalistik:
1.            Bidang Keredaksian dan Penerbitan
2.            Bidang Pengembangan
3.            Bidang-bidang lain yang tidak bertentangan dengan asas tujuan

Jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh Psikologijurnalistik:
1.            Media elektronik berupa majalah AHA
2.            Media cetak berupa bulletin Komed Pos
3.            Media berupa Majalah Dinding Psikojurnalistik
4.            Produk-produk lain

Organisasi Psikojurnalistik terdiri dari: Pelindung, Dewan Penasehat, Pimpinan Umum, Pengurus Harian, Bidang Keredaksian dan Penerbitan, serta Bidang Pengembangan.
Pengurus Harian terdiri atas:
1.         Pimpinan Umum
a.       Memimpin rapat pengelola
b.      Mewakili Psikologi Jurnalistik untuk urusan yang bersifat umum
c.       Memberikan  kebijakan umum organisasi
d.      Bertanggung jawab atas Psikologi Jurnalistik secara umum
2.         Wakil Pimpinan Umum
a.       Membantu Pemimpin Umum dalam mengkoordinasi setiap bidang
b.      Mengambil alih tanggung jawab Pemimpin Umum apabila berhalangan
c.       Bertanggung jawab kepada Pemimpin Umum
3.         Sekretaris
a.       Bertanggung jawab terhadap kegiatan administrasi secara umum
b.      Membantu mengkoordinir kegiatan Psikologi Jurnalistik yang bersifat internal
4.         Bendahara
a.       Mengelola keuangan
b.      Membuat laporan pertanggungjawaban
5.         Pimpinan Bidang Keredaksian dan Penerbitan
6.         Pimpinan Bidang Pengembangan

Bidang Keredaksian dan Penerbitan terdiri atas:
1.         Pimpinan Redaksi dan Penerbitan
2.         Artistik
a.       Bertanggung jawab atas bidang artistik penerbitan setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan pemimpin redaksi
b.      Bertanggung jawab terhadap tersedianya ilustrasi maupun karikatur yang menunjang materi penerbitan
3.         Reporter
a.       Bertanggung jawab atas segala tugas yang berhubungan dengan materi penerbitan yang diberikan kepadanya
b.      Membuat kaporan-laporan secara aktif atas peristiwa-peristiwa di lingkungan Fakultas Psikologi Unversitas Diponegoro maupun masyarakat umum

Bidang Pengembangan terdiri atas:
1.         Pimpinan Bidang Pengembangan
2.         PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia)
Bertanggung jawab terhadap rekruitmen, pelatihan, dan pengembangan SDM Psikologi Jurnalistik
3.         Information Development  
a.       Bertanggung jawab atas kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan jaringan dunia maya
b.      Bertanggung jawab atas kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya psikojurnalistik

1 komentar:

  1. Sangat bagus sekali jika blog ini dikembangkan lagi.

    Karena topik yang diangkat sangat menarik yaitu antara psikologi dengan dunia jurnalistik.

    BalasHapus