Rabu, Desember 09, 2015

Perubahan Jadwal Akademik 2016: Penyesuaian Diri terhadap Masa Transisi

Pemberitahuan perubahan kalender akademik 2016, berupa penetapan perkuliahan semester genap yang dimulai pada tanggal 15 Februari 2015, meresahkan para warga Fakultas Psikologi Undip.  Tidak hanya mahasiswa, namun tenaga pengajar dan staf juga harus mengatur ulang jadwal yang telah dipersiapkan sebelumnya. Semakin banyak pertanyaan yang muncul di kalangan mahasiswa mengenai kalender akademik tahun 2016.
Keputusan dimajukannya jadwal mulai perkuliahan semester genap tidak hanya diterapkan di Fakultas Psikologi saja, namun juga pada seluruh fakultas di Universitas Diponegoro. Perbedaannya, Fakultas Psikologi sudah mendapatkan pengumuman terlebih dahulu mengenai pemberitaan ini dibandingkan fakultas lainnya. Jumat (4/12) diselenggarakan sosialisasi mengenai PTN-BH oleh Pembantu Rektor (PR) I Undip kepada dekan, pembantu dekan, tenaga pengajar, staf, dan perwakilan mahasiswa. Pada sosialisasi tersebut juga diberitahukan rencana mengenai rencana perubahan jadwal akademik yang akan menyamakan dengan tahun anggaran.
Annastasia Ediati, Pembantu Dekan (PD) I Fakultas Psikologi Undip, menyamakan jadwal akademik dengan tahun anggaran ada konsekuensinya, yaitu memajukan jadwal masuk perkuliahan di tahun 2016 dan menghilangkan minggu tenang. Kebijakan tersebut diterapkan untuk memudahkan pembuatan laporan anggaran akhir tahun, yaitu untuk menghindari terjadinya tidak terselenggaranya suatu acara yang direncanakan setelah batas pengumpulan laporan anggaran, yaitu tanggal 4 Desember.
Surat edaran kuliah mulai tanggal 15 Februari memang belum secara resmi dikeluarkan oleh rektorat, namun perlu antisipasi pemberitahuan lebih awal mengenai keputusan tersebut. PR I menghimbau kepada PD I agar diumumkan mengenai adanya perubahan jadwal akademik, meskipun surat belum diedarkan. Pemberitahuan yang lebih awal tersebut merupakan salah satu strategi untuk ‘mempersiapkan mental’ para mahasiswa, tenaga pengajar, maupun staf. “Lebih baik diberitahu sekarang daripada menunggu surat edaran resmi dari rektorat, karena menunggu surat edaran pasti lama, takutnya mendadak. Kalau diberitahu sekarang, bisa dijadwalkan ulang semua perencanaan yang telah disusun, seperti rencana liburan, magang, atau rencana lainnya. Semua itu kan butuh waktu penyesuaian,” ujar Annastasia.
Perihal mahasiswa angkatan 2013 yang ingin magang di bulan Januari dan Februari, Annastasia berargumen bahwa keperluan tersebut dapat dijadwalkan ulang, mengingat magang pada angkatan 2013 tidak diwajibkan dan bukanlah suatu kepentingan yang urgent, serta belum memberikan surat magang secara resmi pada instansi. Bagi mahasiswa angkatan 2012 yang sedang mengambil KKN, dihimbau untuk menemui dosen wali tentang KRS sebelum keberangkatan KKN.

Masa transisi memang membutuhkan proses penyesuaian. Keputusan mengenai jadwal akademik yang mengikuti tahun anggaran cepat atau lambat pasti akan terjadi, demi terwujudnya sistem di Undip yang lebih baik. Jika perubahan tidak dimulai dari sekarang, lalu kapan lagi? (Najah & Arini/Psikojur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar