Selasa, Desember 15, 2015

Membangun SDM di Era Global, Pelindo III Usung Tema Kemaritiman

Dalam psikologi industri dan organisasi kita mengenal manajemen yang efektif demi meningkatkan kinerja karyawan dan produktivitas perusahaan. Sumber Daya Manusia yang dikelola dengan baik juga akan menghasilkan komunikasi yang baik antar divisi dan berimplikasi pada capaian visi misi organisasi. Dalam  rangka memperingati Hari Maritim Dunia tanggal 13 November 2015 lalu, salah satu BUMN kenamaan di Indonesia yakni PT. Pelindo III mengundang 53 orang mahasiswa dari enam provinsi cakupan operasi Pelindo III untuk mengikuti Youth Camp. Acara dwi tahunan yang diselenggarakan oleh Pelindo III ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa tentang perusahaan dan juga manajemen kepelabuhanan.
Pada kesempatan ini turut bergabung perwakilan dari Psikologi Undip yaitu Aldani (2012). Aldani menceritakan pengalamannya mulai dari pengenalan profil perusahaan Pelindo III, anak perusahaan, cucu perusahaan, dan tentunya yang menarik diulas dari sisi psikologi yakni manajemen SDM perusahaan. “Menarik banget, karena kebanyakan kita hanya tahu pelabuhan ya kapal-kapal kargo, dan bahkan ada yang missed communication bahwa Pelindo itu yang sempat bermasalah dengan administrasi, jadi dengan mengikuti kegiatan ini saya tahu bahwa Pelindo itu ada banyak dan Pelindo III termasuk BUMN yang prestatif,” ujar Mahasiswa Berprestasi Utama Psikologi ini sembari menunjukkan deretan prestasi BUMN yang bergerak di bidang kepelabuhanan itu pada ajang BUMN Marketeers Awards 2015 lalu. PT Pelindo III mengungguli pesaingnya dan menyabet tiga penghargaan, diantaranya The Best in Service, Silver Award for Tactical Marketing, dan Silver Award for Strategic Marketing. “Prestasi ini tidak lepas dari pengelolaan SDM di bidang marketing yang baik,” tambahnya.
Tiga hari berturut-turut para pemuda dari beragam PTN/PTS berakreditasi A itu diberi edukasi tentang keunggulan perusahaan Pelindo III, kunjungan ke Gapura Surya Nusantara, pelabuhan dengan desain interior yang elegan dan serupa bandara, kemudian mengunjungi Terminal Teluk Lamong yang  menggunakan sistem semi-automatic machine, satu-satunya di Asia dan yang ke-4 di dunia, serta kunjungan ke banyak lokasi anak perusahaan yang menambah pengetahuan industrial dan pelatihan teamwork dan kepemimpinan.

Aldani mendapatkan kesempatan menjadi delegasi Undip untuk Pelindo Youth Camp 2015 bersama dengan para Mawapres dan Humas dari Fakultas lain, yakni M. Gustiasa dan Nimas (FISIP), Rifki Firdaus (FT), Nurrinara (FKM). Pada ajang itu pula Gustiasa mendapat predikat sebagai peserta terbaik putra dan Aldani mendapat penghargaan sebagai penampil terbaik di malam kesenian. “Saya dan tim menampilkan musikalisasi puisi dan paduan suara. Alhamdulillah, banyak yang menyukai puisi karangan saya,” ujarnya sambil tersenyum simpul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar