Jumat, Maret 27, 2015

Balapati untuk Psikologi

Berdasarkan  bahasa Indonesia istilah balapati (pemimpin) sama artinya dengan pelopor, pembina atau panutan. Istilah memimpin sendiri, digunakan dalam konteks peran seseorang dalam menjalankan tugasnya untuk memelopori rakyat atau pasukannya. Pemimpin merupakan tonggak penting yang menjadi tiang dalam suatu perkumpulan yang menginginkan tujuan yang sama.

Salah satu dosen Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Farida Hidayati mengatakan makna seorang pemimpin untuknya adalah orang selalu dijadikan panutan, orang yang harus mengajak orang-orang yang berada dibawahnya untuk menuju pada satu tujuan tertentu. Berdasarkan konteks pemimpin organisasi, itu artinya yang bertanggung jawab tercapainya tujuan organisasi adalah seorang pemimpin.

Begitu besar tanggung jawab seorang pemimpin, sehingga kita harus selektif benar dalam menentukan siapa orang yang pantas kita jadikan pemimpin. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, akan segera melaksanakan pemilihan dekan baru. Saat ini pun telah dilakukan persiapan-persiapan seperti membentuk kepanitiaan, membentuk tata aturan dan penentuan proses penjaringan calon-calon yang dirasa memenuhi kriteria calon pemimpin.

Farida menuturkan bahwa seorang pemimpin yang dibutuhkan oleh Fakultas Psikologi adalah seorang pemimpin yang bisa memahami dengan berbagai karakter teman-teman yang dipimpinnya, sehingga dia harus mampu untuk menjadi komunikator yang baik yang mampu menyampaikan pesan secara efektif dan semua orang bisa memahami. Kedua, seorang pemimpin harus dapat memotivasi orang yang dipimpinnya untuk tetap berada dalam mood yang stabil. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melukan pelatihan-pelatihan dan peningkatan sumber dayanya.

Kata “pemimpin”, apabila dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris menjadi “LEADER”, yang mempunyai tugas untuk me-LEAD atau memimpin para anggotanya. Sedangkan makna LEAD tersebut adalah :

1. Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya danmemberikan loyalitasnya dalam kebaikan.

2. Educate, seorang pemimpin harus mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan tacit knowledge pada rekan-rekannya.

3. Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada

4.Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.


Itulah beberapa tugas dari seorang pemimpin, semoga Fakultas Psikologi mampu memilih pemimpin yang benar-benar amanah dan bertanggung jawab kepada seluruh anggota dan orang-orang yang dipimpin. (Barokatul Asiyah/Psikojurnalistik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar