Jumat, Maret 27, 2015

Pemimpin Baru Harus Mengaktualiasasi Prestasi dengan Strategi yang Lebih Efektif

Menjadi pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah, namun apabila kita menjalaninya dengan ikhlas tentunya segala tugas dan tantangan yang dihadapi bukan lagi menjadi suatu momok yang menakutkan. Itulah yang dialami Prasetyo Budi Widodo S.Psi., M.Si.yang kini masih menjabat sebagai dekan Fakultas Psikologi Undip.

Semarang - Pemilihan dekan merupakan ajang pencarian pemimpin baru fakultas yang digelar tiap lima tahun sekali. Perhelatan akbar ini bukan hanya menjadi milik dosen dan jajarannya tetapi juga milik seluruh komponen fakultas, mulai dari mahasiswa, dosen, serta karyawan. Tentunya banyak harapan yang tercipta akan hadirnya sosok pemimpin baru yang akan membawa suasana dan iklim baru bagi fakultas ke arah yang lebih baik.
Dalam rangka menyambut pemilihan dekan fakultas ini, tak lupa Prasetyo Budi Widodo S.Psi., M.Si selaku Dekan Psikologi Undip periode 2009-2014 memberikan pendapat dan harapannya. Menurut Prasetyo, untuk menjadi seorang dekan tentunya harus memenuhi syarat dan kualifikasi yang telah ditentukan, hal ini juga diatur dalam Peraturan Rektor No. 2 tahun 2015 tentang pemilihan dekan. Namun dosen yang masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Psikologi Undip ini tidak memberikan komentar lebih jauh mengenai karakteristik khusus untuk menjadi seorang dekan menurut pandangan pribadinya.
Prasetyo juga memaparkan bahwa selama menjabat sebagai Dekan Fakultas Psikologi Undip tentunya tak luput dari suka maupun duka. Menurutnya, perubahan sistem administrasi keuangan merupakan salah satu hal yang kurang menyenangkan karena banyak proses yang berubah dan cukup menyulitkan. Namun disisi lain menjadi seorang Dekan memberikan kesan menyenangkan tersendiri karena dapat menerima pengalaman dan pelajaran yang berharga, terlebih apabila tantangan yang ada dijalani dengan ikhlas.
Selain itu, Prasetyo juga menjelaskan bahwa Fakultas Psikologi Undip telah mendapat mandat untuk membuka program studi S-2. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh sivitas akademika untuk siap menghadapi hal yang baru tersebut. Selain itu, hal ini juga menjadi tantangan bagi para dosen Fakultas Psikologi Undip, karena untuk membuka program studi S-2 tentunya dosen yang ada juga sudah harus menyelesaikan program studi S-3. “Harapan saya tahun 2015 ini Fakultas Psikologi Undip mampu menjalakan mandat untuk membuka program S-2. Dekan Fakultas Psikologi mendatang juga harus mampu mendorong semangat rekan-rekan dosen untuk melanjutkan studi S-3” jelas Prasetyo.
Terakhir, tak lupa Prasetyo menyampaikan harapannya untuk Dekan Fakultas Psikologi yang akan datang. “Harapan normatif saya tentunya, yang kurang diperbaiki, dan yang baik dipertahankan. Terus jaga kondusifitas, serta komitmen Tri Darma ditingkatkan” ujarnya. Selanjutnya Prasetyojuga menyampaikan harapannya agar Dekan Fakultas Psikologi Undip mendatang mampu mengaktualiasasi prestasi dengan strategi yang lebih efektif.[Erdidhah/Psikojurnalistik]

foto: dok.istimewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar