Jumat, Maret 27, 2015

TRIK JITU UNTUK MENGHADAPI SEMESTER BARU ALA MITA

Liburan semester sudah hampir usai, itu artinya kehidupan kampus akan segera dimulai. Mita begitulah sapaan akrab gadis ramah ini. Lahir di Semarang 20 tahun yang lalu dengan nama lengkap Paramita Estika Sari. Mita adalah seorang mahasiswi semester 6 Fakultas Psikologi Undip. Sebagai seorang mahasiswi yang telah cukup lama ia sudah terbiasa dengan setiap pergantian semester yang ia hadapi serta segala rasa yang menyertainya.      
Dalam menghadapai pergantian semester yang baru setiap mahasiswa memiliki caranya masing-masing. Ada yang menghadapi dengan tenang, biasa saja bahkan ada yang sampai dihinggapi rasa cemas berlebihan. Bagi seorang Mita pergantian semester menjadi hal yang nyaman ia jalani. Beberapa trik diantaranya ialah dengan Mengetahui tipe belajar kita. Pada awal semester satu dia belum mengetahui tipe belajarnya barulah pergantian semester dua menuju tiga ia menyadari tipe belajar dirinya yang tergolong ke dalam tipe visual spasial sehingga ia bisa mempersiapkan semester tiganya kala itu dengan lebih mantap. Sebagai seorang dengan tipe belajar visual spasial dalam belajar ia lebih senang menggunakan metode mind maaping. Dengan membuatnya menarik, penuh warna ia merasa lebih mampu mencerna setiap materi kuliah yang ia dapat.
Selain mengetahui tipe belajar, trik jitu mita yang lain adalah dengan membuat time table. Dalam time tablenya ia menuliskan segala target yang ingin dia capai selama satu semester baru nanti. Tidak sekedar dibuat dalam bentuk biasa, namun ia membuatnya dalam bentuk yang menarik dan menempelnya di dinding kamar. Untuk setiap target yang telah ia capai maka ia akan mencontreng dengan tinta merah sebagai tanda bahwa target tersebut telah selesai.
Berbicara mengenai pergantian semester baru erat hubungan dengan ketakutan dalam menghadapi mata kuliah. Bagi Mita hal tersebut wajar adanya bahkan ia pernah mengalaminya pada semester lima lalu, ia takut dengan salah satu mata kuliah wajibnya sehingga tidak tertarik, namun hal tersebut tidak ia biarkan berlarut, ia mencoba menaklukkannya dengan beberapa trik berikut ini

1.      Memiliki Peer Group sebagai motivasi eksternal.
Menurut Mita Peer Group memiliki peran penting untuk menumbuhkan semangat. dengan sering kumpul bersamadan sering sharing maka akan saling menguatkan dan memberi motivasi.
2.      Menciptakan motivasi internal.
Bagi Mita motivasi internal bisa ia dapat dari peer groupnya dengan saling membantu untuk menjelaskan mata kuliah yang sekiranya tidak dipahami serta dukungan penuh dari orang tuanya terutama ibu.
3.      Mencoba bertahan dengan menikmati (have fun).
“ Carilah kesenangan yang bisa memunculkan motivasi diri sendiri”, jelas Mita.



Nah itulah trik jitu dalam menghadapi semester baru serta trik keren untuk menghilangkan ketakutan terhadap mata kuliah ala Mita. Ada pesan super juga yang Mita sampaikan untuk kita terutama untuk adik tingkatnya, “ Cintailah apa yg kamu kerjakan dan kerjakan apa yang kamu cintai. Meskipun kita tidak suka, tapi kita ada niat untuk usaha dan mencintainyaitu pasti bisa, gak ada sesuatu yang gak bisa kalau kita udah mau, kita udah ada niat, kita udah ada berusaha. Do your best, lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Kalau orang lain hanya bekerja satu kali usaha lakukanlah dua kali usaha, allah tau kok kalau kitasedang berusaha dan hasil akhirnya biar allah yang tentukan”.

Wooow semoga trik dari Mita ini bisa bermanfaat ya, salam semester baru semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar